Warehouse And Transportation

whseckn56

Sebagai Supply Chain kami mempunyai fasilitas warehouse dan trasportasi yang menjadi bagian utama didalam proses koordinasi persediaan dan penyaluran barang yang dibutuhkan customer kami.

  • Gudang mempunyai peranan penting di dalam proses pengendalian dan pengurangan biaya
  • Transportasi dan produksi gudang akan mempunyai peran di dalam menekan biaya transportasi maupun
    produksi
  • Pembelian barang pada suatu partai tertentu dengan jumlah dibawah kapasitas muatan alat angkut akan menyebabkan tingginya biaya angkut yang harus ditanggung oleh nilai barang dalam setiap unitnya
  • Untuk menekan biaya per unit angkutan tersebut minimal harus dibeli sebanyak volume kapasitas muatan alat angkutan, sehingga akan diperoleh biaya per unit yang relatif rendah namun disisi lain terdapat konsekuensi timbulnya persediaan barang akibat pembelian yang berlebih.

Dengan menggandeng partner dalam supply chain (rantai pasokan), resiko tersebut dapat ditekan seminimal mungkin. Efektifitas biaya terjadi karena supply chain partner mengambil alih pekerjaan bukan inti dan pengguna jasa hanya membayar saat menggunakan jasa/produk yang dihasilkan oleh pekerjaan tersebut.

Ditunjang dengan Warehouse Management System yang merupakan bagian dari ERP dan dukungan IT kami dapat diperoleh manfaat berikut:

  • Mempercepat lead time proses yaitu dengan adanya proses yang dilakukan secara komputerisasi atau otomatis yang sebelumnya harus secara manual dan dilakukan banyak orang
  • Dapat diketahui semua transaksi inventory dan jumlah stock dengan lebih cepat dan akurat dalam waktu kapanpun (real time)
  • Dapat mengatur lokasi penyimpanan barang dengan optimal. Jumlah tipe barang yang akan masuk ke gudang akan dapat diatur penyimpanannya dengan tool yang ada dalam sistem, dimana yang menjadi tujuan utama adalah mengontrol segala proses yang terjadi didalamnya seperti shipping (pengiriman), receiving (penerimaan), putaway (penyimpanan), move (pergerakan) dan picking (pengambilan)
  • Optimisasi sistim sehingga misi logistik yaitu right place, right goods, dan right time dapat tercapai

Categories